Dharma Wanita Persatuan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
Alamat Redaksi: Guest House No. 1, Jl. Ahmad Yani, By Pass, Rawamangun, Jakarta Timur.
Website: dwpdjbc.blogspot.com
facebook: SEKAR JAGAD DWP DJBC


Jumat, 01 Februari 2013

BUAH KEPEL, BUAH BURAHOL

Pohon Kepel .....
Langka....
Puteri Keraton suka....
Terancam punah...
Harus apa kita?....
harus bagaimana?.....

Pohon Kepel yang dikenal juga dengan sebutan Pohon Burahol  (stelechocarpus burahol) telah lama dikhawatirkan oleh para pemerhati tanaman terancam punah karena keberadaannya yang semakin sulit ditemui alias langka. Untuk dapat menemukan Pohon  Kepel yang konon disukai puteri keraton ini tidak begitu mudah, paling tidak kita harus berkunjung ke kawasan keraton, Kebun Raya Bogor atau Taman Mini Indonesia Indah.
Namun mulai tanggal 26 Januari 2013 Pohon Kepel alias Burahol juga dapat dijumpai di.....halaman kantor Diretktorat Jenderal Bea dan Cukai!  Horeee.....

Ya betul! Pohon Kepel dapat dijumpai di halaman kantor DJBC.
Dalam rangka memeriahkan Hari Pabean Internasional 2013, salah satu acara penting adalah penanaman Pohon Kepel oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Bapak Agung Kuswandono di halaman depan kantor DJBC. 

Penasehat DWP DJBC, Dirjen Bea dan Cukai, Bapak Agung Kuswandono menanam Pohon Kepel
Penanaman pohon ini dimaksudkan sebagai wujud dan tekad Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam hal berpartisipasi menyelamatkan flora Indonesia dari ancaman kepunahan.


Buah Kepel dipercaya mempunyai khasiat untuk kecantikan dan kesehatan, yaitu dapat menghilangkan bau badan (pantas saja menjadi favorit para puteri keraton yang memang harus selalu tampil wangi....), juga memperlancar air kencing dan mencegah inflamasi ginjal. Selain itu kayu pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bangunan dan perabot dan dapat bertahan lebih dari 50 tahun.
Selain buah dan kayu, daunnyapun bermanfaat.  Lalapan atau rebusan daun kepel dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengatasi asam urat. Dengan segala manfaatnya itu, Pohon Kepel tak layak untuk punah!


Mari kita sambut apa yang telah dilakukan DJBC dalam usaha melestarikan flora Indonesia, dengan cara menanam pohon sebanyak mungkin di lingkungan kita, menularkan giat menanam pohon kepada anggota keluarga, kerabat, sanak saudara, tetangga dan masyarakat di sekitar kita.

Mari hijaukan Indonesia.
Salam Redaksi.
*eO

4 komentar:

  1. Selamat atas adanya blog DWP DJBC, semoga menambah semaraknya dunia blogosphere DWP...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Redaksi DWP DJBC Kalbagtim, terimakasih atas kunjungannya...
      Selamat juga kepada Redaksi DWP DJBC Kalbagtim yang terus semangat untuk eksis dengan artikel-artikelnya yang menarik!
      Mari selalu saling mengunjungi...

      Salam hangat dari Redaksi Blog DWP DJBC

      Hapus
  2. Dengan ditanamnya pohon Kepel di halaman DJBC semoga pohon kepel terhindar dari ancaman punah...amiiiiiin...

    BalasHapus